10/28/2010

Motor Bakar (Engine)

Motor Bakar adalah suatu pesawat yang mengubah energi panas hasil pembakaran didalam silinder menjadi energi mekanik pada torak atau energi putar pada poros.
Pada motor bensin, campuran bakar bensin dan udara diisap kedalam silinder dan dikompresikan pada tekanan dan temperatur oleh torak, selanjutnya bahan bakar tersebut nyalakan oleh percikan busi sehingga terjadi pembakaran dan energi panasnya mendorong torak diteruskan ke poros engkol sehingga menjadi energi putar pada poros.
Pada motor Diesel, udara murni diisap dan dikompresikan sampai tekanan dan temperatur tertentu di dalam silinder, selanjutnya bahan bakar disemprotkan/diinjeksikan (pengabut) kedalam silinder maka akan terjadi pembakaran. Energi panas pembakarannya mendorong dengan tenaga yang kuat dan diteruskan keporos engkol sehingga menjadi gerak putaran pada poros.
Motor bakar secara umum di bagi menjdi :
1. Motor bakar pembakaran dalam (internal engine)
2. Motor bakar pembakaran luar (eksternal engine)
 Internal engine terdiri dari motor torak dan motor rotari (wankel)
Motor torak digolongkan menjadi motor bensin dan motor diesel, pada prinsip kerjanya keduanya sama ada yang 4 langkah (4 tak) dan 2 langkah (2 tak).
Motor 4 langkah artinya bahwa satu siklus diperlukan 4 kali gerakan torak dan menghasilkan 1 putaran poros engkol ( 4 langkah : Pengisapan, Kompresi, Kerja/usaha, pembuangan)
Motor 2 langkah artinya bahwa satu silus diperlukan 2 kali gerakan bolak balik torak dan menghasilkan 1 putaran poros engkol.

No comments:

Post a Comment