11/20/2010

RPP DKK-TP SMK BINA TARUNA PWK 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 4 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kode : 014.DKK.01
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Prinsip Dasar Mekanika
Indikator : Besaran skalar, besaran vektor, sistem satuan, dan hukum Newton dimengerti dengan benar





I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal besaran vektor, sistem satuan dan
hukum newton

II. Materi Ajar :

1. Mengenal besaran vektor, sistem satuan dan hukum newton
a. Pengantar ilmu mekanika.
b. Besaran skalar dan besaran vektor.
c. Sistem satuan.
d. d. Hukum Newton.

2. Menerapkan besaran vector untuk merepresentasikan gaya,
momen dan kopel.
a. Konsep gaya.
b. Sistem gaya 2 dimensi:
- Komponen gaya 2 dimensi
- Momen dan kopel
- Gaya resultante

3. Melatih membuat diagram benda bebas dan menerapkan teori
keseimbangan
a. Isolasi sistem mekanika.
b. Diagram benda bebas.
c. Kondisi keseimbangan.

4. Mengenal teori tegangan
a. Konsep tegangan.
b. Tegangan normal.
c. Tegangan geser.

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Menjelaskan besaran vektor, sistem satuan
dan hukum newton
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Ilmu Statika dan
Tegangan
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



















Lembaran soal
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal besaran vektor, sistem satuan dan hukum newton

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Apakah yang dimaksud dengan satuan dan besaran? 4
2 Apakah yang dimaksud dengan besaran vektor? 4
3 Apakah yang dimaksud dengan satuan standar, satuan tambahan dan satuan turunan? 5
4 Sebutkan bunyi hukum Newton I,II dan III! 4
5 Pada tachometer dan kunci momen ada anak panah yang menunjuk ke angka-angka. Termasuk besaran apakah penunjukkan itu? Mengapa demikian? 8
Jumlah Skor Maksimal 25




Nilai Siswa = Jumlah skor siswa x 10
Jumlah skor maks







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 2 - 3
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kode : 014.DKK.01
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Prinsip Dasar Mekanika
Indikator : Gaya momen dan kopel dinyatakan dengan besaran vektor secara benar

.

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat Menerapkan besaran vektor untuk merepresentasikan gaya, momen dan kopel

II. Materi Ajar :

a. Konsep gaya
b. Sistem gaya 2 dimensi
- Komponen gaya 2 dimensi
- Momen dan kopel
- Gaya resultante


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Menjelaskan penerapan besaran vektor
untuk merepresentasikan gaya, momen dan kopel
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.



V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)
b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Ilmu Statika dan
Tegangan
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.

Lembaran soal
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menerapkan besaran vektor untuk merepresen-tasikan gaya, momen dan kopel
No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan pengertian gaya, momen dan kopel! 4
2 Dua buah gaya masing2 F1=50 N dan F2 = 30 N, bekerja pada satu garis kerja dengan arah berlawa-nan. Berapakah besarnya gaya resultan? 4
3 Seorang anak bermain ayunan. Saat kedudukan tali ayunan 30o dengan garis vertikal, bila berat anak 40 N, berapakah besarnya gaya horizontal dan vertikal yang terjadi, hitung pula gaya resultannya! 5
4 Untuk mengendorkan sebuah mur diperlukan gaya tekan pada kunci pas sebe-sar 14 N. Panjang tangkai kunci 40 cm. Tentukan be-sarnya momen yang diberikan saat mengendorkan mur tersebut! 4
5 Dengan gaya sebesar 10 N kita memutar tangkai tap ke kanan. Hitunglah momen kopel yang terjadi bila panjang tangkai 15 cm 8
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor siswa x 10
Jumlah skor maks
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 6
Alokasi Waktu : 4 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kode : 014.DKK.01
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Prinsip Dasar Mekanika
Indikator : Konsep tegangan dimengerti dengan benar.

.

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal teori tegangan dengan benar

II. Materi Ajar :

a. Konsep tegangan.
b. Tegangan normal.
c. Tegangan geser keseimbangan


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan teori tegangan
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Ilmu Statika dan
Tegangan
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal teori tegangan

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan pengertian konsep tegangan dan sebutkan macamnya! 2
2 Tegangan akan terjadi sesuai dengan pembebanan yang diberikan. Berikan penjelasan! 3
3 Tuliskan rumus tegangan secara umum dan tuliskan rumus tegangan tarik! 5
4 Sebuah batang baja dengan penam-pang berdiameter 2 cm, bekerja be-ban tarik 100 kg. Berapakah besarnya tegangan tarik yang terjadi pada batang tersebut? 7
5 Tentukan diameter batang baja yang mampu menahan beban tarik sebesar 10 ton jika kekuatan tarik baja 7,5 x 107 kg/m2, bila faktor keamanan diambil 4, hitung pula besarnya tegangan tarik yang diijinkan! 8
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor siswa x 10
Jumlah skor maks


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 7 - 8
Alokasi Waktu : 6 (4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Komponen/elemen Mesin
Kode : 014.DKK.01.02
Indikator : Pengetahuan/pemahaman terhadap komponen
Atau elemen mesin.
.

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal komponen mesin

II. Materi Ajar :

a. Fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
b. Komponen sambungan baut
c. Komponen sambungan keling
d. Komponen sambungan las


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen
sambungan
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Komponen Mesin
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen sambungan

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Apakah yang dimaksud dengan sambungan? 2
2 Sambungan dibedakan menjadi 2, yaitu sambungan tetap dan sambungan lepas. Jelaskan! 3
3 Berikan contoh penggunaan macam-macam sambungan pada mesin! 5
4 Pada sambungan keling, ada 3 jenis sambungan. Jelaskan! 7
5 Sebutkan macam-macam kampuh pada sambungan las! 8
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor siswa x 10
Jumlah skor maks







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 8 – 9 - 10
Alokasi Waktu : 8 (2 + 4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan komponen/elemen mesin
Kode : 014.DKK.01.02
Indikator : Pengetahuan/pemahaman terhadap poros dan aksesorisnya


.I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal komponen poros dan aksesorisnya

II. Materi Ajar :

a. Fungsi dan prinsip kerja poros dan aksesorisnya.
b. Jenis-jenis poros.
c. Beban utama pada poros.
d. Jenis-jenis bantalan.
e. Jenis-jenis penyambungan poros dengan komponen.

III. Metode Pembelajaran : Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen poros dan aksesorisnya

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Komponen Mesin
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen poros dan aksesorisnya


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan fungsi poros! 5
2 Sebutkan macam-macam poros dan berikan contoh penggunaannya! 5
3 Jelaskan macam dan fungsi bantalan! 5
4 Sebutkan macam aksesoris poros! 5
5 Jelaskan pengertian poros aksial dan poros radial! 5
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 10 – 11 - 12
Alokasi Waktu : 8 (2 + 4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan komponen/elemen mesin
Kode : 014.DKK.01.02
Indikator : Pengetahuan/pemahaman terhadap komponen penerus daya fleksibel
.

.
I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal komponen penerus daya fleksibel

II. Materi Ajar :
a. Fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai.
b. Jenis-jenis sabuk dan rantai.
c. Kelebihan dan kekurangan penerus daya sabuk dan rantai.


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen
penerus daya fleksibel

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Komponen Mesin
- Buku-buku yang relevan


VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen penerus daya fleksibel


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan macam-macam penerus daya fleksibel! 5
2 Jelaskan fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai! 5
3 Sebutkan macam-macam sabuk dan rantai! 5
4 Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan sabuk dan rantai sebagai penerus daya? 5
5 Jelaskan persyaratan pertimbangan untuk menggunakan sabuk dan rantai pada penerus daya! 5
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 12 – 13 - 14
Alokasi Waktu : 8 (2 + 4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen/elemen mesin
Kode : 014.DKK.01.02
Indikator : Pengetahuan/pemahaman terhadap komponen kopling gesek dan rem
.

.
I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal komponen kopling gesek dan rem


II. Materi Ajar :

a. Fungsi dan prinsip kerja kopling gesek dan rem.
b. Jenis-jenis kopling gesek dan rem


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen kopling gesek dan rem


. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.





V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Komponen Mesin
- Buku-buku yang relevan


VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.




Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen kopling gesek dan rem


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan fungsi kopling gesek dan rem! 5
2 Jelaskan prinsip kerja kopling gesek dan rem! 5
3 Identifikasikan komponen-komponen kopling gesek dan rem! 5
4 Sebutkan jenis-jenis kopling gesek! 5
5 Sebutkan jenis-jenis rem! 5
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 14 - 15
Alokasi Waktu : 6 (2 + 4) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan komponen/elemen mesin
Kode : 014.DKK.01.02
Indikator : Pengetahuan/pemahaman terhadap komponen roda gigi dapat dipahami secara benar
.

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal komponen roda gigi

II. Materi Ajar :

a. Istilah dalam roda gigi.
b. Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
c. Jenis-jenis roda gigi

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen kopling gesek dan rem

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Pengenalan Komponen Mesin
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.




Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal komponen roda gigi


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan istilah-istilah dalam roda gigi yang anda ketahui! 5
2 Jelaskan fungsi dan prinsip kerja roda gigi! 5
3 Apakah yang dimaksud dengan angka transmisi? 5
4 Sebutkan jenis-jenis roda gigi! 5
5 Jelaskan perbedaan roda gigi dan batang bergigi! 5
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 16
Alokasi Waktu : 4 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses Dasar Perlakuan Logam
Kompetensi Dasar : Menguraikan Unsur dan sifat Logam
Kode : 014.DKK.03.02
Indikator : 1. Mengetahui sifat-sifat berbagai material
Logam
2. Menghubungkan sifat material dengan
kemampuan proses material

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal material logam serta kemampuan prosesnya

II. Materi Ajar :

a. Sifat teknis material logam.
b. Sifat yang diperlukan selama proses pembentukan
c. Sifat yang penting sehubungan dengan pengaruh lingkungan

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen material logam serta kemampuan prosesnya
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)
b. Sumber Belajar : - Modul Material Logam dan Kemampuan
Prosesnya
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal material logam dan kemampuan prosesnya

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Apa yang dimaksud dengan logam, bukan logam, dan metaloid? 4
2 Berikan contoh bahan-bahan yang termasuk logam, bukan logam, dan metaloid! 4
3 Jelaskan perbedaan logam ferro dan non ferro dan berikan contoh masing-masing! 5
4 Tuliskan masing-masing dua contoh simbol kimia dari logam, bukan logam dan metaloid! 4
5 Apakah yang dimaksud dengan sifat mekanis, sifat fisik, sifat pengerjaan dan sifat kimia dari bahan? 8
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 17
Alokasi Waktu : 4 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar Perlakuan Logam
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Pembuatan Logam dan Pengolahan Logam
Kode : 014.DKK.03.01
Indikator : 1. Mengetahui berbagai mineral yang dipakai dalam industry terutama SDA mineral di Indonesia
2. Mengetahui berbagai berbagai proses pemurnian mineral.


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal material logam serta kemampuan prosesnya

II. Materi Ajar :

a. Sifat teknis material bukan logam.
b. Sifat yang diperlukan selama proses pembentukan
c. Sifat yang penting sehubungan dengan pengaruh lingkungan

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan komponen material bukan logam serta kemampuan prosesnya
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)
b. Sumber Belajar : - Modul Material dan Kemampuan
Prosesnya
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal material bukan logam dan kemampuan prosesnya


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan material yang masuk dalam kategori bukan logam, dan berikan contohnya! 5
2 Jelaskan sifat-sifat teknis material bukan logam yang anda ketahui! 5
3 Jelaskan proses pembentukan material bukan logam yang anda ketahui! 5
4 Jelaskan sifat penting dari material bukan logam yang mempengaruhi lingkungan! 5
5 Jelaskan penggunaan keramik/ porse-lin dalam industri atau mesin! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 18 - 19
Alokasi Waktu : 6 (4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar Perlakuan Logam
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses korosi dan pelapisan logam
Kode : 014.DKK.03.04
Indikator : 1. Proses korosi diketahui dengan benar
2. Proses pelapisan logam diketahui dengan benar



I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal proses korosi dan pelapisan logam

II. Materi Ajar :

1. Proses terjadinya korosi pada logam serta cara penanggulangannya
2. Berbagai teknik pelapisan logam khusus seperti: logam pada logam, nono logam pada logam, dan logam pada non logam


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan korosi dan teknologi pelapisan logam

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.




V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul korosi dan pelapisan pada logam
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal Proses korosi dan pelapisan logam
No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang diperguna-kan dalam proses pelapisan logam! 5
2 Jelaskan proses serta urutan kerja dalam pekerjaan pelapisan! 5
3 Mengapa proses pelapisan sangat diperlukan? 5
4 Sebutkan alat bantu yang dipakai untuk proses pelapisan! 5
5 Bagaimana proses terjadinya korosi dan bagaimana cara mencegahnya? 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 19 - 20
Alokasi Waktu : 6 (2 + 4) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar Perlakuan Logam
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses pengujian logam
Kode : 014.DKK.03.05
Indikator : Macam-macam Teknik pengujian logam diketahui dengan benar


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal proses pengujian logam

II. Materi Ajar :

Berbagai teknik pengujiaan logam seperti: pengujian logam Destruktif, pengujian Non destruktif, dan pengujian secara visual


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan macam-macam pengujian logam
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pengujian logam
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal proses pengujian Logam


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang digunakan dalam pengujian destruktif! 5
2 Bagaimanakah cara pengujian de-ngan visual? Berikan contoh hasil benda ujinya! 5
3 Bagaimanakah cara pengujian nondestruktifl dilaksanakan? Berikan contoh hasil benda ujinya! 5
4 Apa yang dimaksud dengan pengujian ND? Berikan contohnya! 5
5 Apa yang dimaksud dengan pengujian Visual? Berikan contohnya! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 21 - 22
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Pembentukan
Kompetensi Dasar : Mengenal proses pengerjaan panas
Kode : 014.DKK.03.03
Indikator : 1. Proses perlakuan panas
2. Proses pembentukan panas


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal proses pengerjaan panas

II. Materi Ajar :

Proses pembentukan panas seperti: rolling, forging, ekstrusi, pembuatan pipa, pembuatan tabung, penarikan dan pemutaran panas


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan proses pengerjaan panas
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pembentukan
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.




Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal proses pengerjaan panas


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan pengertian rolling, forging, dan ekstrusi! 5
2 Jelaskan proses pembentukan panas dengan cara rolling dan forging! 5
3 Jelaskan proses pembentukan panas dengan cara ekstrusi! 5
4 Jelaskan proses pembuatan pipa dan tabung! 5
5 Jelaskan proses pembentukan dengan cara penarikan dan pemuta-ran panas! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 23 - 24
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar perlakuan logam
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses perlakuan panas logam
Kode : 014.DKK.03.03
Indikator : Proses pembentukan dingin


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal proses pengerjaan dingin

II. Materi Ajar :

Proses pembentukan dingin seperti: penarikan, pene-kanan, pelengkungan, pengguntingan, proses pembentukan berenergi tinggi, hobb, ekstrusi dan penumbukan peluru

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan proses pengerjaan dingin
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pembentukan
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal


Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal proses pengerjaan dingin


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan proses pembentukan dengan pengerjaan dingin cara penarikan dan penekanan! 5
2 Jelaskan proses pembentukan dingin dengan cara pelengkungan dan pengguntingan! 5
3 Jelaskan proses pembentukan dingin berenergi tinggi! 5
4 Jelaskan proses pembentukan dingin dengan cara hobb! 5
5 Jelaskan proses pembentukan dingin dengan cara ekstrusi dan penumbukan peluru! 5
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 25 - 26
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Prinsip dasar Kelistrikan dan Konversi energi
Kompetensi Dasar : Mendeskirpsikan Prinsip Dasar Kelistrikan mesin
Kode : 014.DKK.02.01
Indikator : 1. Konstruksi dan mekanisme motor listrik
2. Jenis-jenis motor listrik dan rangkaiannya

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal konstruksi, nomenklatur dan rangkaian motor listrik

II. Materi Ajar :

a. Mekanisme motor listrik.
b. Fungsi setiap bagiannya
c. Motor 1 fase
d. Motor 3 fase

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan l konstruksi, nomenklatur dan cara kerja motor listrik
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)
b. Sumber Belajar : - Modul motor listrik 1 fase dan 3 fase
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal konstruksi, nomenklatur dan cara kerja motor bakar torak

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Bagaimanakah mekanisme kerja motor listrik? 5
2 Sebutkan langkah-langkah kerja pada motor listrik 1 fase dan 3 fase! 5
3 Jelaskan fungsi bagian-bagian dari motor listrik! 5
4 Jelaskan perbedaan motor 1 fase dan 3 fase! 5
5 Apakah yang dimaksud dengan fase? 5
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 25 - 26
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Prinsip dasar Kelistrikan dan Konversi energi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan prinsip dasar motor bakar torak
Kode : 014.DKK.02.02
Indikator : Konstruksi dan mekanisme torak engkol


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal konstruksi, nomenklatur dan cara kerja motor bakar torak

II. Materi Ajar :

e. Mekanisme torak engkol.
f. Langkah-langkah pada motor bakar torak.
g. Fungsi setiap bagiannya

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan l konstruksi, nomenklatur dan cara kerja motor bakar torak
c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)
b. Sumber Belajar : - Modul motor bakar torak
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal konstruksi, nomenklatur dan cara kerja motor bakar torak

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Bagaimanakah mekanisme kerja antara torak dengan poros engkol? 5
2 Sebutkan langkah-langkah kerja pada motor bakar torak! 5
3 Jelaskan fungsi cincin torak! 5
4 Jelaskan pengertian TMA dan TMB! 5
5 Apakah yang dimaksud dengan panjang langkah torak? 5
Jumlah Skor Maksimal 25

Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 27 - 28
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Prinsip dasar Kelistrikan dan Konversi energi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan prinsip dasar motor bakar
Kode : 014.DKK.02.02
Indikator : Siklus motor 2 dan 4 langkah


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal siklus motor 2 dan 4 langkah

II. Materi Ajar :

Siklus udara ideal motor Otto dan Diesel 2 dan 4 langkah serta perbandingannya dengan siklus sebe-narnya


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan siklus motor 2 dan 4 langkah
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul motor bakar torak
- Buku-buku yang relevan


VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal siklus motor 2 dan 4 langkah


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan cara kerja motor 2 langkah! 4
2 Jelaskan cara kerja motor 4 langkah! 4
3 Jelaskan perbedaan motor otto dan diesel 4 langkah! 7
4 Jelaskan fungsi karburator pada motor otto! 4
5 Jelaskan kelebihan dan kekurangan antara motor 2 dan 4 langkah! 6
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 27 - 28
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Prinsip dasar Kelistrikan dan Konversi energi
Kompetensi Dasar : Menjelaskan prinsip dasar Turbin
Kode : 014.DKK.02.03
Indikator : 1. Konstruksi dan Instalasi turbin uap
2. Konstruksi dan instalasi turbin gas
3. Konstruksi dan instalasi turbin air

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal konstruksi dan instalasi turbin uap, gas dan air

II. Materi Ajar :

1. Turbin uap
2. Turbin gas
3. Turbin Air

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan konstruksi dan instalasi turbin uap, gas dan air.
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul konversi energi (turbin)
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.




Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menjelaskan prinsip dasar turbin


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan cara kerja turbin! 4
2 Sebutkan perbedaan turbin uap, air dan gas! 4
3 Jelaskan perbedaan penggunaan turbin dilihat dari media penggeraknya! 7
4 Jelaskan fungsi rumah turbin! 4
5 Jelaskan kelebihan dan kekurangan antara turbin uap, air dan gas! 6
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 27 - 28
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Proses Dasar Teknik Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Proses dasar pemesinan
Kode : 014.DKK.04.01
Indikator : 1. Tata cara kerja bangku yang benar
2. Proses pemesinan
3. Parameter-parameter mesin dan pahat
4. Proses Pembuatan Roda Gigi

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal Tata cara kerja bangku, proses pemesinan dan parameter mesin dan pahat serta pembuatan roda gigi sebagai alat potong.

II. Materi Ajar :
1. Cara Kerja bangku : palu, ragum, gergaji, pahat tangan, kikir, tap, snei dan kelingan dingin
2. Proses pemesinan
3. Parameter-parameter mesin dan pahat
4. Proses pembuatan roda gigi

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan Dasar pemesinan
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul kerja bangku dan proses pemesinan
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar pemesinan

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan peralatan kerja bangku yang biasa digunakan! 4
2 Sebutkan perbedaan prisnsip kerja mesin bubut dan mesin frais! 4
3 Jelaskan perbedaan penggunaan pahat pada bubt dan frais! 7
4 Jelaskan fungsi tap dan snei! 4
5 Jelaskan proses pembuatan roda gigi pada mesin frais! 6
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 27 - 28
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Proses dasar Teknik Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar Pengelasan
Kode : 014.DKK.04.02
Indikator : 1. Prosedur pengelasan dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
2. Informasi yang benar diakses dari sprsifikasi pabrik dan dipahami

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal prosedur pengelasan Oxy asetilin dan penggunaan peralatan serta kelengkapan-kelengkapannya.

II. Materi Ajar :

1. Prosedur pengelasan dengan Oxy Asetilen
2. Penggunaan peralatan dan perlengkapan yang sesuai

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan proses dasar pengelasan
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pengelasan dan perlengkapannya
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar pengelasan


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Apa yang dimaksud pengelasan! 4
2 Sebutkan perbedaan las cair dan pateri! 4
3 Jelaskan perbedaan penggunaan las gas dan las busur listrik! 7
4 Jelaskan fungsi fluksi pada elektroda! 4
5 Jelaskan kelebihan dan kekurangan las busur listrik dan oxy asetilen! 6
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Teknik Mesin
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 18 - 19
Alokasi Waktu : 6 (4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar teknik Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar pengecoran logam
Kode : 014.DKK.04.04
Indikator : Teknik pengecoran dengan cetakan pasir dipahami dengan benar

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal pengecoran logam dengan cetakan
pasir

II. Materi Ajar :

Proses pembuatan cetakan pasir termasuk proses persiapan dan
pengolahan pasir cetak serta alat bantu yang dipakai


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan pengecoran
dengan cetakan pasir

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pengecoran logam
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal pengecoran dengan cetakan pasir

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang diperguna-kan dalam proses pengecoran logam! 5
2 Jelaskan proses membuat cetakan pasir dalam pekerjaan pengecoranan! 5
3 Mengapa proses pengecoran menggunakan pasir sebagai media cetakan? 5
4 Sebutkan alat bantu yang dipakai untuk pembuatan cetakan pasir! 5
5 Bagaimana proses atau prosedur membuka hasil pengecoran dari cetakan pasir? 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Teknik Mesin
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 19 - 20
Alokasi Waktu : 6 (2 + 4) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Proses dasar Teknik Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar pengecoran logam
Kode : 014.DKK.04.04
Indikator : Teknik pengecoran dengan cetakan khusus dipahami dengan benar


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal pengecoran logam dengan cetakan
khusus

II. Materi Ajar :

Berbagai teknik pengecoran khusus seperti: pengecoran dengan menggunakan cetakan logam, pengecoran sentrifugal, pengecoran presisi dan pengecoran kontinu


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan pengecoran khusus
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pengecoran logam
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.




Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal pengecoran khusus


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang digunakan dalam pengecoran dengan cetakan khusus! 5
2 Bagaimanakah cara pengecoran de-ngan menggunakan cetakan logam? Berikan contoh hasil benda cetakannya! 5
3 Bagaimanakah cara pengecoran sentrifugal dilaksanakan? Berikan contoh hasil benda cetakannya! 5
4 Apa yang dimaksud dengan pengeco-ran presisi? Berikan contoh hasil ben-da cetakannya! 5
5 Apa yang dimaksud dengan pengeco-ran kontinu? Berikan contoh hasil benda cetakannya! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Teknik Mesin
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 18 - 19
Alokasi Waktu : 6 (4 + 2) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan Proses dasar teknik mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar fabrikasi logam
Kode : 014.DKK.04.03
Indikator : Proses pembuatan sambungan lipat dan paku keling

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal jenis-jenis sambungan lipat dan paku keling

II. Materi Ajar :

1. Jenis-jenis sambungan lipat
2. Alat dan mesin pelipat
3. Jenis dan fungsi paku keling

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan jenis sambungan lipat dan paku keling

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul macam-macam sambungan lipat dan paku keling
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.



Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar fabrikasi logam
No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang diperguna-kan dalam proses pelipatan! 5
2 Jelaskan proses membuat lipatan penguat pada bagian tenah dan ujung! 5
3 Mengapa proses pelipatan dan kelingan banyak digunakan? 5
4 Sebutkan alat bantu yang dipakai untuk pelipatan dan paku keling! 5
5 Bagaimana proses atau prosedur mengling dan menyambung dengan lipatan? 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 19 - 20
Alokasi Waktu : 6 (2 + 4) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar teknik mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar Pneumatik dan Hidrolik
Kode : 014.DKK.0405
Indikator : Sistem hidrolik dan penumatik


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal sistem hidrolik dan pneumatik

II. Materi Ajar :

1. Prinsip hidrolik dan aplikasinya
2. Prinsip pneumatik dan fungsinya

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan sistem pneumatik dan hidrolik berikut fungsinya
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul pneumatik dan hidrolik
- Buku-buku yang relevan


VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal proses dasar pneumatic dan hidrolik


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang menggunakan system hidrolik! 5
2 Bagaimanakah perbedaan prinsip kerja pneumatic dan hidrolik! 5
3 Bagaimanakah penerapan pneumatic pada otomasi industri! 5
4 Apa yang dimaksud dengan hidrolik ! 5
5 Apa yang dimaksud dengan pneumatik! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 19 - 20
Alokasi Waktu : 6 (2 + 4) Jam
Standar Kompetensi : Menjelaskan proses dasar teknik mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses dasar otomasi
Kode : 014.DKK.04.06
Indikator : Mesin Perkakas

.
I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengenal mesin perkakas dan otomasi

II. Materi Ajar :

Pengenalan mesin perkakas dan otomasi yang banyak diterapkan di industri


III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam,
presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan mesin perkakas dan otomasi dalam mengefisienkan proses produksi
. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul mesin perkakas dan otomasi
- Buku-buku yang relevan


VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.





Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengenal proses dasar Otomasi


No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan yang menggunakan otomasi! 5
2 Bagaimanakah perbedaan prinsip kerja otomasi dan manual! 5
3 Bagaimanakah penerapan otomasi industri! 5
4 Apa yang dimaksud dengan otomasi ! 5
5 Apa yang dimaksud dengan konvensional! 5
Jumlah Skor Maksimal 25


Nilai Siswa =Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 29 - 30
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Kode : 014.DKK.05.01
Indikator : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengikuti prosedur pada tempat kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan penghindarannya

II. Materi Ajar :

1. Undang-undang tentang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).
2. Identifikasi bahaya dan pencegahan dalam tempat kerja..
3. Syarat keselamatan diri
4. Simbol-simbol bahaya

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan prosedur pada
tempat kerja untuk mengidentifikasi
bahaya dan penghindarannya
c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Keselamatan Kerja
- Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Keselatan dan kesehatan kerja

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan pengertian keselamatan kerja berdasarkan UU Keselamatan dan Kesehatan Kerja! 4
2 Jelaskan kemungkinan bahaya kecelakaan di bengkel kerja dan bagaimana cara mencegahnya? 8
3 Persyaratan apakah yang harus dipe-nuhi pada saat bekerja di bengkel agar tercipta keselamatan diri? 4
4 Sebutkan simbol-simbol keselamatan kerja yang biasa ada di bengkel kerja! 4
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 31 - 32
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menerapkan Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3)
Kompetensi Dasar : Melaksanakan Prosedur K3
Kode : 014.DKK.05.02
Indikator : 1. Perlengkapan dipilah sebelum melakukan pembersihan dan perawatan secara rutin.
2. Penggunaan metode yang aman dan benar untuk pembersihan dan pemeliharaan perlengkapan.
3. Peralatan dan area kerja dibersihkan/dipelihara sesuai dengan keamanan, jadwal pemeliharaan berkala, tempat penerapan dan spesifikasi pabrik.


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat melakukan pemeliharaan kebersihan perlengkapan dan area kerja

II. Materi Ajar :

1. Cara pemilihan alat-alat, bahan dan perlengkapan kebersihan
2. Prosedur dan metode kebersihan

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Menjelaskan cara melakukan pemeliha-raan kebersihan perlengkapan dan area kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan penghindarannya


. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Keselamatan Kerja
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Pemeliharaan kebersihan perlengkapan dan area kerja

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan peralatan kebersihan yang diperlukan di bengkel kerja! 4
2 Bagaimanakah cara yang aman dan benar untuk pembersihan dan pemeliharaan perlengkapan bengkel? 5
3 Bagaimanakah caranya agar bengkel dapar terpelihara dengan baik? 5
4 Buatlah kelompok kerja kebersihan bengkel selama mengikuti kegiatan di bengkel! 6
5 Bagaimanakah prosedur dan metode perawatan peralatan bengkel yang baik? 5
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Teknik Mesin
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 29 - 30
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Melaksanakan Penanganan Material Secara Manual
Kompetensi Dasar : Mengangkat material secara manual
Kode : 014.KK.01.01
Indikator : Penggunaan teknik dan pengangkatan/ pemindahan secara manual yang tepat.


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat :
• Mengetahui macam-macam dan kegunaan peralatan perlengkapan pemindah material.
• Menentukan perlengkapan peralatan pemindah material sesuai dengan jenis dan berat material yang dipindahkan.
• Menentukan perlengkapan peralatan pemindah material berdasarkan jarak tempuh material yang dipindahkan.
• Mengetahui jenis material yang akan diletakkan pada perlengkapan peralatan pemindah.
• Mengetahui permukaan material yang kritis/finish yang perlu mendapatkan perlindungan.
• Menentukan penggunaan perlindung dan memberikan preservasi pada material yang kritis/finish pada waktu ditempatkan pada alat pemindah.

II. Materi Ajar :

1. Teknik pengangkatan/ pemindahan secara manual
2. Prosedur penanganan secara manual.

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.
b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan prosedur Penggunaan teknik dan pengangkatan/ pemindahan secara manual yang tepat.

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Material handling
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.

Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Mengangkat material secara manual

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Sebutkan jenis-jenis peralatan angkat! 4
2 Sebutkan jenis-jenis peralatan pemindah! 4
3 Bagaimanakah teknik dan prosedur pengangkatan / pemindahan secara manual di bengkel kerja? 5
4 Bagaimana cara menentukan titik berat benda yang akan di angkat/dipindahkan? 8
5 Jelaskan keselamatan kerja pada pengangkatan! 4
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Teknik Mesin
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 29 - 30
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Melaksanakan Penanganan Material Secara Manual
Kompetensi Dasar : Menggerakan/mengganti material secara manual
Kode : 014.KK.01.02
Indikator : Cara-cara pemindahan material


I. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat :
• Menempatkan pallet pada lantai tempat material akan diletakkan.
• Menggunakan peralatan pengangkat atas cara pemindahan material dengan tangan dari alat pemindah.
• Menempatkan material dari alat pemindah ke tempat penyimpanan sesuai prosedur.
• Memisahkan masing-masing material sesuai jenisnya pada tempat penyimpanan.
II. Materi Ajar :

1. Teknik pengangkatan/ pemindahan secara manual
2. Prosedur penanganan secara manual.

III. Metode Pembelajaran :

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian
salam, presensi.

b. Kegiatan Inti : Mengenalkan/menjelaskan prosedur menggerakan/mengganti material secara manual

. c. Kegiatan Akhir : Merangkum, tanya jawab, latihan, dan tes.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (jika ada)

b. Sumber Belajar : - Modul Material handling
- Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian :

Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.


Lembaran soal

Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menggerakan/mengganti material secara manual

No Soal Uraian Jawaban Skor maks Skor siswa
1 Jelaskan posisi yang benar metoda pengangkatan manual! 4
2 Bagaimana prosedur penyimpanan benda yang akan di angkat/ dipindahkan? 8
3 Langkah apa yang harus dilakukan pada saat proses pemindahan material hubungannya dengan K3? 5
4 Bagaimana posisi penempatan material yang akan dipindahkan? 4
5 Jenis-jenis penyimpanan yang sesuai prosedur untuk material harus bagaimana? 4
Jumlah Skor Maksimal 25



Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal

No comments:

Post a Comment