3/14/2012

Susunan Acara Akad Pertikahan/Perkawinan

NASKAH PEMBAWA ACARA
AKAD PERNIKAHAN/PERKAWINAN

Hadirin sekalian yang kami hormati,
Calon pengantin berdua yang kami sayangi,
Bapak Mun’am sohibul hajat yang kami hormati,

Assalaamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahi robbil alamin wassholaatu wassalaamu ala ashrofil anbiya’I wal mursalin waala aalihi wasohbihi ajmain, amma’ ba’du, robbis srohli sodri wayasirli amri wahlul uqdatam millisaani yafqohu qoulii yaa fattaahu yaa aliim.
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmat, dan karunia-Nya kepada kita semuanya, shingga  pada hari yang berbahagia penuh barokah ini kita semuanya dapat berkumpul bersama-sama untuk menyaksikan akad pernikahan ananda…………………………….………dan…………………..…………………
Hadirin yang berbahagia, pada hari yang barokah ini telah kami susun acara akad pernikahan sebagai berikut:
1.      Pembukaan, yang sekaligus telah kami  bawakan
2.      Serah terima dari calon pengantin pria
3.      Penerimaan dari calon pengantin wanita
4.      Penyerahan secara simbolis oleh Ibu calon pengantin pria, diterima oleh Ibu calon pangantin wanita
5.      Acara Pokok :
a.      Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an
b.      Akad Pernikahan
c.       Khutbah Nikah
6.      Doa/Tutup

2. Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga calon pengantin wanita memberikan kesempatan kepada pihak keluarga calon pengantin pria untuk menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita, Untuk itu kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga calon pengantin pria kami persilahkan.
*****PENYERAHAN WAKIL KELUARGA CALON PENGANTIN PRIA*****
Terima kasih kepada wakil keluarga calon pengantin pria yang telah ikhlas dan kesungguhan menyerahkan calon pengantin kepada pihak keluarga bapak Mun’am sebagai orang tua calon pengantin wanita.
3. Selanjutnya, tepat sekali kiranya jika kesempatan berikut ini kami serahkan kepada pihak keluarga calon pengantin wanita, yang akan diwakili oleh bapak Saepudin (eyang) selaku sesepuh dari pihak keluarga, untuk itu yang terhormat bapak Saepudin kami persilhakan.
***** PENERIMAAN WAKIL CALON PENGANTIN WANITA*****
Terima kasih kepada wakil keluarga calon pengantin wanita yang telah menerima secara ikhlas dari pihak keluarga calon pengantin pria.
4. Dilanjutkan prosesi Sebagai bentuk simbolis tanda kasih oleh Ibunda calon pengantin pria dan diterima oleh ibunda calon pengantin wanita, kami persilahkan.
5. Acara berikutnya yang ditunggu-tunggu oleh kita semua yakni akad pernikahan, nanti akan dipimpin oleh Petugas Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukatani, sebelum akad dimulai akan kumandangkan  pembacaan Ayat suci Al Quran yang aka di bawakan oleh Bpk…………………………………………. Untuk itu kami persilahkan.
*****PEMBACAAN AYAT SUCI AL QURAN*****
Mudah-mudahan dengan dibacakannya ayat suci Al Quran akan menjadi berkah kepada kita semua terutama kedua calon pengantin.
Dilanjutkan akad pertikahan oleh Petugas dari KAU, dan setelah akad selesai sekaligus dilanjutkan dengan Khutbah nikah, kepada Bapak Petugas kami persilahkan.
6.      Untuk menyempurnakan rangkaian acara ini, kita berdoa bersama-sama mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan doa kita bersama, untuk doa akan dipimpin oleh bapak Ustad ……………………………
Terima kasih kepada bapak ustad yang telah memimpin doa. Selanjutnya acara kami serahkan kepada pemangku adat, dan kepada hadirin yang kami hormati, sambil menuggu untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, dipersilahkan untuk menikmati hidangan santap makan ala kadarnya yang telah di sediakan.
Wassaalaam
Terima Kasih.



Versi Sunda
ACARA

1. Bubuka
2. Seren sumeren calon panganten pameget ku wawakil /sesepuh anu dipeto
3. Panampian ku wawakil/sesepuh anu dipeto
4. Nyanggakeun tali ka asih tilam katresna, ku ibu calon panganten pameget ditampi ku ibu calon panganten istri
5. Acara pokok, akad tikan ku petugas KAU Kec…………
6. Tutup/Doa

No comments:

Post a Comment