6/13/2010

Forklift Manual (Alat Pemindahan manual)



Forklift manual adalah alat pengangkat bahan atau muatan yang menggunakan pengangkat berbentuk garpu atau fork. Pada dasarnya, gerakan kerja mesin pengangkat ini ialah menaikkan dan menurunkan muatan. Beberapa mesin pengangkat dapat juga bergerak horizontal, berputar, bergerak secara radial, dan sebagainya. Hampir semua fasilitas transport memindahkan muatan secara horizontal walaupun ada beberapa yang dapat memindahkan muatan dengan berbagai sudut, secara vertikal atau gabungan.
Pada umunya mekanisme pengangkat dirancang untuk melakukan suatu gerakan tersendiri yang ditentukan. Bentuk ini sangat khas, misalnya forklift dapat mengangkat muatan menggeser, menumpuk muatan bila diperlukan, dan membawa ketempat tujuan dengan bebas.
Forklift manual yang akan dirancang ini digerakan secara manual dengan bantuan perlengkapan pengangkat di antaranya : transmisi kabel baja dan puli, dan mesin pengangkat (lier tangan). Pemilihan lier tangan dan transmisi kabel baja serta puli disesuaikan dengan garpu angkat yang berfungsi untuk menangani muatan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Operasi kerja yang identik dan muatan yang berbeda seragam yang diangkutnya, memungkinkan fasilitas transport dilakukan secara manual atau automatis, bukan hanya untuk memindahkan melainkn juga untuk proses bongkar muatnya. Pengelompokan perlengkapan penanganan bahan berdasarkan desainnya.
Setiap kelompok perlengkapan tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
a. Perlengkapan pengangkat adaah kelompok mesin pengangkat yang bertujuan untuk memindahkan muatan misalnya; mesin pengangkat, crane, elevator.


b. Perlengkapan pemndah ialah kelompok mesin yang mungkin tida mempunyai peralatan pengangkat tetapi memindahkan muatan secara berkesinambungan misalnya; conveyor, mesin pemindah muatan, peralatan pembantu, peralatan pengoperasian udara, peralatan hidrolik.
c. Perlengkapan permukaan dan overhead ialah kelompok mesin yang tidak dilengkapi dengan peralatan pengangkat misalnya; truc tanpa rel, mobil berukuran kecil, peralatan untuk penanganan silang, sistem lintasan overhead, peralatan utk scraper dan skid.
Banyak jenis perlengkapan pengangkat yang tersedia sulit digolongkan secara tepat. Penggolongan ini masih diperumit lagi oleh kenyataan bahwa penggolongan ini mungkin juga didasarkan pada berbagai karakteristik, misalnya desain, tujuan, jenis gerakan dsb.
Jika digolongkan menurut jenis gerakannya, beban dianggap pada titik berat beban tersebut dan penggolongan mesin ditentukan oleh lintasan perpindahan muatan yang berpindah pada bidang horizontal. Penggolongan menurut penggunaan di tentukan dengan memperhatikan kondisi operasi khasnya. Mesin pengangkat digolongkan menurut ciri khas desainnya seperti : Dongkrak, puli, alat pengangkat tangan tetap, alat pengangkat troli tetap, alat pengangkat yang tetap, alat pengangkat yang dapat bergerak, tepler satu rel untuk tujuan tertentu, mesin derek, crane troli.

No comments:

Post a Comment